Belajar Jadi Reporter Cilik Bareng Sobat LemINA

Komunitas Lembaga Mitra Ibu dan Anak (LemINA) kembali mengadakan sebuah program yang melibatkan anak-anak dari dua sekolah dasar, SDN 4 Sungguminasa Gowa dan SDN Paccinang Makassar. "Aku Reporter Cilik" adalah kegiatan yang berlangsung hari itu, Senin (16/05), sejak pukul 08.00 hingga 16.00 WITA. Adik-adik yang dilibatkan dalam Aku Reporter Cilik (ARC) adalah mereka yang telah dipilih khusus oleh kakak relawan dengan kriteria yang telah ditetapkan. Selama kegiatan berlangsung, adik-adik terlihat antusias, bahagia, dan sangat aktif. Hal itu membuat kakak-kakak pemateri yang juga merupakan kakak relawan Sobat LemINA menjadi semangat membawakan materi.

Saat materi teknik wawancara yang dipandu oleh Kak Munawwarah, Jurnalis Tribun Timur. Coba lihat ekspresi adik-adik menjelang pemberian tugas mewawancarai kakak-kakak relawan :D

Nah, kenalkan adik ini namanya Asdar. Adik lelaki yang paling aktif dan selalu bikin heboh selama ARC berlangsung. Dia lagi serius tuh menulis kesan dan pesan selama materi berlangsung.

Kerja kelompok 

Beberapa adik sedang mengerjakan tugas dari kakak pemateri 

 Menulis di luar ruangan, katanya biar dapat inspirasi

Ghaitsa dari SDN Paccinang Makassar berhasil jadi peserta dengan tulisan terbaik. Dia berhak nampang di Koran Tribun dengan foto diri yang besar kayak Selebritis beserta tulisannya. Katanya dia senang melihat dirinya di koran untuk pertama kali. Wah selamat!
  
Selain Ghaitsa, ada lima adik lagi dengan tulisan baik yang testimoni dan tulisan singkatnya dimuat di koran. Semoga makin rajin menulisnya. 

Bermain Pocong bingung sebelum materi menulis kreatif. Kelompok Pocong yang benaran bingung akan mendapat hukuman.

Saat materi menulis kreatif yang dipandu oleh kak Indah Febriany, Tim Kompas TV. 

Adik-adik tengah mencermati tema untuk tulisan kreatif.

Sesaat sebelum adik-adik pulang ke rumah masing-masing, mereka mengungkapkan bahwa mereka senang telah belajar banyak hal selama hari itu. Tentu saja, kakak relawan pun turut senang mendengarnya dan berharap bahwa segala apa yang diberikan bisa diaplikasikan kemudian, juga dibagikan kepada teman-teman lainnya. Terutama untuk mengisi tiap mading yang telah diberikan di sekolah masing-masing. Jadi, tiap kali kakak relawan menyambangi sekolah mereka, sudah ada tulisan-tulisan dan kreasi-kreasi yang menghiasi mading itu. Sebab, ARC hadir untuk membekali mereka dengan pengetahuan dan motivasi untuk menulis dan berkarya.***

0 komentar