sekedar Info _ FMIPA-UNM

 AKU jadi lebih sering cari info mengenai jurusan bilingual di UNM... sekedar info atau untuk lebih menguatkan niat dan keyakinanku.... semoga aku tak salah pilih jurusan...
 
"Fakultas matematika dan ilmu pengetahuan alam (MIPA) menjadi salah satu fakultas yang paling mentereng di Universitas Negeri Makassar (UNM). Bagaimana tidak, lima universitas negeri di Indonesia sudah mendaftarkan diri untuk berguru ke fakultas tersebut.


Kelima universitas tersebut adalah Universitas Indonesia (UI, Jakarta), Universitas Negeri Surabaya (Unesa), Universitas Negeri Padang (UNP), Universitas Negeri Manado (Unima), dan Universitas Negeri Gorontalo (UNG).
Kantas kenapa begitu menarik untuk perguruan tinggi negeri (PTN) lain? Ternyata, program kelas internasional yang dikembangkan Fakultas MIPA UNM ini, terutama manajemen pengelolaan yang diterapkannya ingin dicontoh kelima universitas lain tersebut.
Dan jurusan yang telah masuk di kelas internasional tersebut adalah program studi matematika, kimia, biologi, dan fisika. Sebagai syarat menjalankan program internasional, dosen dan mahasiswa Mipa menggunakan bahasa Inggris sebagai alat komunikasi sehari hari-hari.
"Seluruh mata kuliahnya juga menggunakan bahasa Inggris kecuali tentunya untuk mata kuliah bahasa Indonesia," kata Dekan Fakultas MIPA UNM, Prof Dr Hamzah Upu ketika ditemui Tribun di ruang kerjanya, di Kampus Parang Tambung, Kamis (4/6).
Program internasional tersebut memang masih baru, karena itu, semua persiapan terus dilakukan. Termasuk melakukan pembenahan manajemen dan ruangan kuliah untuk memenuhi standar pelayanan akademik internasional termasuk pemakaian teknologi berbasis information technology dan computer (ITC).
"Selain itu juga kita juga mengkursuskan 40 dosen untuk belajar bahasa Inggris secara intensif di lembaga kursus terpercaya, yakni di ELC dan di Briton," tambahnya Hamzah.
Melihat apa yang telah dilakukan Fakultas Mipa UNM ini, maka tidak salah lagi jka tiap tahunnya, jurusan dari fakultas ini selalu menjadi pilihan utama calon mahasiswa baru. Tahun lalu saja, terbukti fakultas Mipa, khususnya jurusan Matematika dan Biologi menjadi jurusan terfavorit.
Fakultas ini juga tidak membuka penerimaan mahasiswa baru selain dari jalur PMDK dan SNM-PTN. Menurut Hamzah, tidak dibuka kesempatan melalui jalur Ujian Tulis Lokal (UTUL) karena ingin mendapatkan kualitas maba yang benar-benar sesuai kualifikasi.(cr2/rif)

fakultas mipa
Jurusan S1 Kependidikan
* Pend Matematika * Pend Fisika * Pend Kimia * Pend Biologi * Pend Geografi * Pend Matematika Bilingual * Pend Fisika Bilingual * Pend Kimia Bilingual * Pend Biologi Bilingual
Jurusan Non Kependidikan
* Matematika * Fisika * Kimia * Biologi * Geografi "
 http://ja-jp.facebook.com/topic.php?uid=51483071918&topic=8425
 

0 komentar