Tiga Karakter Orang yang Menarik Perhatian

Day 3: Sebutkan 3 karakter orang lain yang pasti bakal menarik perhatianmu

Ada orang yang saya temui kemudian kepadanya saya langsung beranggapan, “orang ini menarik banget!”  Berasa ingin sekali berteman dengan mereka yang kita anggap sebagai orang yang menarik. Yang bakal bisa membuat hari-hari pertemanan menjadi tidak membosankan. Bagi saya, orang-orang yang menarik itu adalah orang-orang yang setidaknya memiliki karakter-karakter berikut ini.

Supel  tapi masih rendah hati dan tidak sombong


Saya sering minder sama orang yang gampang sekali menjalin pertemanan dengan orang baru. Misalnya dalam sebuah komunitas, ada sekelompok orang yang baru saja bergabung. Diantara mereka ada orang yang meskipun belum kenal sama anggota komunitas yang lama, tapi gampang sekali untuk membaur ke dalam lingkaran komunitas. Orang-orang lama pun bakal menarik dia sebagai teman, jadi kelihatannya mereka sudah seperti berteman lama atau pernah bertemu sebelumnya, padahal belum pernah sama sekali. 

Tapi orang supel yang saya maksud di sini adalah kelompok orang yang masih rendah hati dan gak sombong. Yang nggak membeda-bedakan kepada siapa dia ramah dan mau berbaur. Sebab saya juga biasa menjumpai tipikal si supel yang berbaurnya hanya sama yang menurut dia setara dengan gaya pergaulannya saja. Bagi saya itu sih tidak menarik perhatian, cuma menjadi orang-orang yang suka cari perhatian biar bisa ikutan populer atau gaul.

Humoris tapi gak nyakitin hati


Biasanya orang-orang yang supel itu humoris dan sebaliknya orang yang humoris lebih gampang menjalin pertemanan. Tapi menurut pengamatan saya, ada juga orang-orang humoris yang kalem. Yang aslinya sebenarnya pendiam tapi punya selera humor yang tinggi. Biasanya bila bertemu orang macam ini kita spontan nyeletuk, “astaga kamu, gak nyangka loh kamu ternyata lucu banget!” sebab ternyata kelucuannya bisa keluar kalau kita sudah dekat dengan dia. Saat dia merasa sudah nyaman dengan berteman dengan kita. 

Tipe orang humoris ini adalah yang membuat saya juga suka minder sebab mereka sanggup menghibur orang. Membuat orang jadi senang. Profesi Komik (pelakon stand-up comedy) adalah yang paling menarik perhatian saya. Tapi yang mengeluarkan humor-humor tanpa mencela atau menghina yang membuat orang tersinggung atau sakit hati. Sebab banyak juga yang menganggap bahwa kekurangan orang bisa dijadikan lelucon sampai-sampai sudah melanggar batas wajar.

Berwawasan luas tapi senang berbagi

Orang yang serba tahu menjadi tipe orang yang menarik sekali bagi saya. Berteman dengan mereka bisa sekaligus membuat saya termotivasi untuk banyak membaca dan memperbaharui informasi. Biar nanti kalau bertemu lagi, saya bisa membahas hal-hal terbaru sampai menyentuh ranah ilmiahnya. Wah, seru sekali lo itu. Sewaktu kuliah saya punya teman yang hobi sekali membaca buku-buku tebal dan membaca berita-berita dunia.


Saya kalau ngumpul dan ngobrol dengan dia cuma bisa melongo dan menanggapinya sebagai penanya. Belum menjadi teman diskusi yang baik karena informasi hanya bersumber dari dia. Berkat bergaul dengan dia, saya juga jadi ketularan mulai membaca buku-buku tebal dan sering membuka portal berita mancanegara.

Intinya, orang yang menarik perhatian saya itu adalah orang yang mampu memberi efek positif bagi lingkungannya. Meskipun mereka tidak bermasuk berbagi tapi karena karakter mereka yang menarik kita jadi perlahan-lahan terpapar untuk menjadi lebih positif lagi. Ada loh, yang baru melihat dari luarnya saja auranya sudah terpancar seakan bilang kalau mereka itu adalah orang-orang yang asik.***

*Tulisan ini diikutkan dalam Tantangan 7 Hari Menulis oleh Basabasi Store

0 komentar